KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM SMK ISLAM AL AMIN CIKARANG
TUGAS MANAJEMEN PENGETAHUAN
Perancangan Knowledge Management System
SMK Islam Al Amin Cikarang
Studi Kasus Ekstrakurikuler English Club
Disusun Oleh :
Bela Silpia ( 18163005 )
Hania K ( 18263003 )
Indah Mustika Renda ( 18163007 )
Resty Alifia Septiningrum ( 18163002 )
Tensi Lestari ( 18163001
)
Yoza Nur Indah M J ( 18163004 )
Yoza Nur Indah M J ( 18163004 )
Dosen :
Asep Jalaludin,
S.T.,M.M
STMIK MEDIA INFORMATIKA CENDEKIA
CIKARANG
Harco Teknik, Blok H 1-5, Pasir Gombong,
Kawasan Industri Jababeka, Cikarang-Bekasi, west java 17530
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan tugas presentasi dengan judul “Perancangan Knowledge
Management System di SMK Islam Al Amin CikarangStudi Kasus Ekstrakurikuler
English Club”. Penyusunan tugas ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas Manajemen
Pengetahuan. Kami berharap dapat menambah wawasan dan pengetahuan khususnya
dalam bidang mengenal Allah.
Menyadari banyaknya kekurangan dalam
penyusunan tugas ini. Karena itu, kami sangat mengharapkan kritikan dan saran
dari para pembaca untuk melengkapi segala kekurangan dan kesalahan dari makalah
ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu
selama proses penyusunan tugas ini.
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Knowledge
Management
·
Gartner Group : Suau
disiplin yang memperkenalkan pendekatan terintegras untuk mengidentifikasi,
mengelola, dan berbagai semua kebutuhan informasi perusahaan (Lee, 2010).
·
Arthur Andersen : Suatu
disiplin yang memungkinkan individu-individu dalam organisasi untuk secara
kolektif, memperoleh, berbagai dan meningkatkan pengetahuan untuk mencapai
tujuan bisnis (Duffy, 2001).
·
Kemampauan untuk mendapatkan
pengetahuan dari pengalaman mereka sendiri dan dari pengalaman orang lain dan
dengan bijaksana menerapkan pengetahuan tersebut untuk mencapai misi
organisasi.
- Nonaka
& Takeuchi (1994): Knowledge Management adalah alat
manajemen yang membenarkan keyakinan bahwa pengetahuan menjadi asset
untuk meningkatkan kapasitas organisasi agar mampu bekerja lebih efektif.
- Karl
Erik Sveiby (1997) menjelaskan bahwa Knowledge Management adalah
sebuah seni untuk menciptakan nilai organisasi dari aset intangible yang
dimilikinya.
- Bock
(2001) mendefinisikan Knowledge Management sebagai
program manajemen untuk mengelola dan menyatukan sekumpulan aktivitas
akuisisi, penciptaan, dan pembagian pengetahuan.
- David
Gurteen (2012) menjelaskan Knowledge Management sebagai
perasaan manusia untuk melakukan proses berbagi pengetahuan, serta
belajar dan bekerja bersama secara lebih efektif, sebagai sebuah proses
yang secara mental menyenangkan (fun mentality). Dengan konsep ini,
Gurteen menciptakan proses berbagi pengetahuan, yang dikenal dengan
nama Knowledge Caffee.
VISI
Mewujudkan
suatu wadah Pendidikan yang berkualitas dan memenuhi tuntutan kebutuhan
masyarakat sehingga mampu Mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Profesional dengan
identitas Mandiri, Terdidik, Trampil dan Disiplin melalui pengembangan IPTEK
dan IMTAQ.
MISI
1. Melaksanakan
sistem pengajaran yang permeable dan fleksible antar jalur dan jenjang
pendidikan serta kegiatan Ekstrakurikuler
untuk mengembangkan minat dan bakat dalam meraih prestasi.
2.Memberikan
layanan prima terhadap warga sekolah dalam semua Aspek saran dan
prasarana serta lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar yang efektif dan efisien.
3.Meningkatkan
kualitas tamatan yang
sesuai dengan standar Kompetensi Nasional (SKN ).
Karena
ekstrakurikuler tersebut kurang aktif atau tidak aktif, peminatnya sedikit, dan
jarang sekali siswa siswi mengenali atau suka sama ekstrakurikuler English
Club. Dan didalam kegiatan tersebut sangat membetekan atau
bosan sekali dan membuat siswa siswi menjadi kurang aktif.
KESIMPULAN
- ·
Ekstrakurikuler English
Club adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa SMK Al Amin Cikarang di
luar jam belajar kurikulum standar.
- ·
Menerapkan sistem
KM di sekolah secara tepat akan meningkatkan kemampuan guru dan siswa siswi
dalam kegiatan Ekstrakurikuler English Club, untuk itu harus dibuat penyesuaian
atau flow aplikasi KM yang digunakan untuk menefektifkan kegiatan
Ekstrakurikuler English Club.
- · Pengembangan kegiatan Ekstrakurikuler English Club yang awalnya tidak aktif kini berjalan aktif setelah diadakannya tahapan proses KMS.
DAFTAR PUSTAKA
PERTANYAAN
- NAMA : HALIMATUS SA'DIAH
JAWABAN : Jadi sebelumnya Ekstrakurikuler English Club itu tidak aktif dan sekarang menjadi aktif. Dengan cara mengaktifkan Ekstrakurikuler tersebut dengan cara mempromosikan Ekstrakurikuler tersebut dengan bahasa atau lainnya secara asik, gaul, seru agar siswa siswi ada keinginan masuk Ekstrakurikuler tersebut. Dan kita sebagai anggota dan pembina harus mengubah pola pikir atau belajar, agar anggotany aktif terus. Dan sebaiknya setiap sebulan sekali ada kunjungan ke tempat wisata yang berhubungan dengan Ekstrakurikuler tersebut.
2. NAMA : SYIFA NURAZIZA
PERTANYAAN : Prasarana untuk reading?
JAWABAN : English Flash Card, Poster berbahasa Inggris, Media Audio Visual untuk menemukan secara langsung cara mengeja materi Bahasa Inggris.
SESI DOKUMENTASI
Komentar
Posting Komentar